Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam memberikan dorongan, semangat dan rasa senang dalam belajar, sehingga mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi akan memiliki energi lebih untuk melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah informatika elemen praktik lintas bidang model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Scratch untuk merumuskan sebuah kebijakan terkait proses pembelajaran informatika elemen praktik lintas bidang pada pembelajaran selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran Informatika Elemen Praktik Lintas Bidang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Aplikasi Scratch dapat mendorong motivasi belajar mahasiswa dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata tingkat motivasi belajar siswa yang berada pada kategori motivasi belajar tinggi yaitu sebesar 61,9%. sehingga guru mata pelajaran informatika elemen Praktik Lintas Bidang dapat kembali menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan aplikasi Scratch.
Copyrights © 2024