Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation
Vol 2 No 01 (2024): Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation: June

Analisis Motivasi Belajar Informatika Elemen Praktik Lintas Bidang Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Scratch

Azariyah, Devi Lutfiana (Unknown)
Basori (Unknown)
Susilowati, Emi Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam memberikan dorongan, semangat dan rasa senang dalam belajar, sehingga mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi akan memiliki energi lebih untuk melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah informatika elemen praktik lintas bidang model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Scratch untuk merumuskan sebuah kebijakan terkait proses pembelajaran informatika elemen praktik lintas bidang pada pembelajaran selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran Informatika Elemen Praktik Lintas Bidang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Aplikasi Scratch dapat mendorong motivasi belajar mahasiswa dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata tingkat motivasi belajar siswa yang berada pada kategori motivasi belajar tinggi yaitu sebesar 61,9%. sehingga guru mata pelajaran informatika elemen Praktik Lintas Bidang dapat kembali menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan aplikasi Scratch.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijolii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation is peer reviewed journal of educational technology research which publishes reviews, analysis, dan empirical research on designing, developing, managing, utilizing and evaluating educational Technology to facilitating learning and improving ...