AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 4 No. 2 (2023): AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Urgensitas Penerapan Kecakapan Abad 21 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0

Jannah, Nur (Unknown)
Agus Puspita, Dhevin M. Q. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari pengembangan individu yang holistik, terutama dalam menghadapi era society 5.0 yang ditandai oleh perkembangan teknologi yang pesat. Kecakapan abad ke-21 menjadi kunci utama dalam memastikan bahwa pembelajaran agama Islam relevan, adaptif, dan mampu memberdayakan generasi masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi urgensi kecakapan abad ke-21 dalam konteks pembelajaran pendidikan agama Islam di era society 5.0. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis library reseach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecakapan abad ke-21, yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah literasi digital, kreativitas, berpikir kritis, komunikasi efektif, dan kolaborasi hal itu perlu diterapkan sehingga dapat menghasilkan dampak yang positif. Di Era society 5.0 keberadaan Pendidikan dituntut untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan agama Islam untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang inovatif. Kecakapan abad ke-21 memungkinkan guru untuk mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan siswa, menggabungkan sumber daya digital, dan memfasilitasi kolaborasi antara siswa dalam konteks pembelajaran agama Islam dengan realitas social masyarakat di lingkunganya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

adabiyah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam is a peer-reviewed journal on Islamic education published by Faculty of Education and Teacher Training, Islamic State University of Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. This journal focuses on advancing the science of Islamic Education through high-quality ...