Al-Quran adalah kitab suci yang terjamin keasliannya hingga saat ini, selain sebagai kitab pentunjuk, disisi lain al-Quran juga mempunyai keistemewaan dan keutamaan yang terkandung dalam ayat-ayat maupun surat-suratnya. Untuk memperoleh keistimewaan dan keutamaan yang ada didalamnya, maka ayat atau surat tersebut harus di amalkan sesuai ketentuannya. Pada penelitian ini peneliti akan memfokuskan kajian al-Quran menggunakan metode Living Quran (al-Quran Hidup). Objek penelitian ini adalah kepalah sekolah, para guru dan pengurus pesantren yang berada di Sekolah Dasar Khairunnas Surabaya, satu dari beberapa sekolah yang berbasis keislaman di kota Surabaya, yang terletak di Jl. Bendul Merisi Tengah No. 1/87, Wonocolo, Surabaya. Di sekolah tersebut para guru dan siswa mukim mempunyai rutinitas membaca surat al-Kahfi setiap hari Jumat. Fenomena tersebut dijadikan sebagai objek tulisan ini dengan beberapa pembahasan, antara lain: (1) Bagaimana Praktik Tradisi Pembacaan Surat al-Kahfi di SD Khairunnas Surabaya? (2). Bagaimana pengaruh pelaksanaan Tradisi Pembacaan Surat Al- Kahfi di SD Khairunnas Surabaya terhadap proses pembelajaran sehari-hari?. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para guru mengadakan rutinitas pembacaan surat al-Kahfi agar mereka mendapatkan keistimewaan yang berada didalam surat al- Kahfi dan mendapatkan sunnah pada hari Jumat, serta tujuan lain dari pembacaan surat al-Kahfi adalah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah swt, menjalankan sunnah Nabi dan sebagai role model untuk siswa-siswi SD Khairunnas menjalankan kesunnahan di hari Jum’at.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023