Loyalitas konsumen mengacu pada komitmen konsumen untuk melakukan pembelian berulang produk atau jasa dari suatu perusahaan secara konsisten di masa depan, meski terdapat pengaruh situasi dan strategi promosi yang berpotensi menyebabkan perubahan perilaku. Dalam industri kue dan roti , membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen menjadi faktor krusial bagi keberlangsungan bisnis. Penelitian dengan metode Participatory Action Research (PAR) ini mengamati upaya perbaikan yang dilakukan Halal Bakery Tsabita, sebuah perusahaan cake and bakery , dalam meningkatkan kualitas pelayanan, Customer Relationship Management (CRM), dan kepuasan konsumen guna memperkuat loyalitas serta menciptakan pemasaran yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh efektif dalam membangun loyalitas konsumen, namun implementasi CRM terhadap loyalitas konsumen belum optimal. Penelitian ini merekomendasikan Tsabita untuk memahami selera konsumen, dengan melibatkan seluruh lini bisnis, serta memberikan pelatihan yang memadai kepada karyawan agar dapat membangun CRM yang efektif. Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengaruh CRM dalam meningkatkan loyalitas konsumen dalam jangka panjang.
Copyrights © 2025