Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2025)

Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Dengan Pendekatan Kualitatif Menggunakan Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Management (CRM), dan Kepuasan Konsumen Pada PT Boga Indonesia Talenta Studi Kasus: Halal Bakery Tsabita

Rahmawati, Risma Dwi (Unknown)
Utomo, Yuni Prihadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Loyalitas konsumen mengacu pada komitmen konsumen untuk melakukan pembelian berulang produk atau jasa dari suatu perusahaan secara konsisten di masa depan, meski terdapat pengaruh situasi dan strategi promosi yang berpotensi menyebabkan perubahan perilaku. Dalam industri kue dan roti , membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen menjadi faktor krusial bagi keberlangsungan bisnis. Penelitian dengan metode Participatory Action Research (PAR) ini mengamati upaya perbaikan yang dilakukan Halal Bakery Tsabita, sebuah perusahaan cake and bakery , dalam meningkatkan kualitas pelayanan, Customer Relationship Management (CRM), dan kepuasan konsumen guna memperkuat loyalitas serta menciptakan pemasaran yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh efektif dalam membangun loyalitas konsumen, namun implementasi CRM terhadap loyalitas konsumen belum optimal. Penelitian ini merekomendasikan Tsabita untuk memahami selera konsumen, dengan melibatkan seluruh lini bisnis, serta memberikan pelatihan yang memadai kepada karyawan agar dapat membangun CRM yang efektif. Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengaruh CRM dalam meningkatkan loyalitas konsumen dalam jangka panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

determinasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Akuntansi publishes high quality research papers in all areas of economic and business, and in closely related fields of economics. The Journal is interested in both theoretical and applied research with an emphasis on topics in management, ...