Jurnal Rekayasa Mesin
Vol 5 No 2 (2019)

Desain Rangka Bosch Pump Tipe In-Line 4 Silinder

CAHYONO, HARI (Unknown)
ISKANDAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

AbstrakPompa injeksi ( injection pump ) atau lebih dikenal sebagai bosch pump memiliki berbagai jenis tipe, namun tipe yang akan digunakan salah satunya adalah tipe in-line ( segaris ) pada mesin diesel putaran tinggi. Sistem kerjanya bahan bakar yang telah dikirim oleh feed pump diinjeksikan ke dalam ruang bahan bakar oleh pompa injeksi dan nozzle dengan cara ditekan oleh plunger yang bergerak ke atas. Pergerakan naik turunnya plunger tersebut diatur oleh camshaft. Camshaft yang terdapat pada pompa injeksi bahan bakar dihubungkan ke timing gear. Sehingga penyemprotan bahan bakarnya dapat diatur waktunya. Control rack yang dihubungkan dengan governor berfungsi untuk memutar plunger guna mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan. Dikarenakan bosch pump tipe in-line memiliki mesin diesel putaran tinggi, maka akan di desain sebuah rangka sebagai tempat bosch pump tipe in-line. Tujuan dalam tugas akhir ini untuk mengetahui kekuatan rangka yang akan digunakan pada bosch pump tipe in-line, agar bisa menompang kinerja bosch pump yang akan dijalankan. Pengerjaan dilaksankan di bengkel dalm pembuatan rangka dan perakitan komponen dilakukan di laboratorium motor diesel Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, waktu pengerjaan 3 bulan, dengan menggunakan metode eksperimen dan proses pengerjaan meliputi : 1) rumusan masalah dan tujuan penelitian, 2) mendesain rangka, 3) analisa dan perhitungan desain rangka, 4) membuat rangka, 5) uji coba, 6) hasil uji coba, 7) analisa kekuatan rangka dan 8) kesimpulan.Hasil desain rangka didapatkan spesifikasi alat menggunakan rangka besi siku L ukuran 20mm x 20 mm x 3mm, bosch pump tipe In-Line, motor penggerak gerinda sebagai media engine bosch pump tipe In-line. Berdasarkan perhitungan kekuatan dari desain rangka bosch pump tipe In-line di dapat sebagai berikut : beban yang diterima 5,62 N/mm sedangkan kekuatan rangka 62,5 N/mm, maka rangka dinyatakan cukup kuat untuk menahan beban bosch pump . Dan perhitungan kekuatan rangka pada motor penggerak di dapat sebagai berikut : beban yang di terima 1,86 N/mm sedangkan kekuatan rangka 62,5 N/mm, maka rangka dinyatakan cukup kuat untuk menahan beban motor penggerak.Kata kunci :bosch pump tipe in-line , desain rangka, tegangan rangka.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-rekayasa-mesin

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Control & Systems Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

The Journal of Mechanical Engineering (JRM) is published three times a year, in April, August, and December, by the Applied Bachelor Degree Program (D4) in Mechanical Engineering, Faculty of Vocational Studies, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). It serves as a medium of information and a forum for ...