Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah ajang untuk inovasi efisiensi energi dan ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristek. Salah satu tim yang berpartisipasi adalah Tim Garnesa Racing Team dengan pencapaian konsumsi bahan bakar sebesar 165,25 km/l, 135 km/l, dan 112 km/l. Penurunan performa ini disebabkan oleh kinerja intake manifold yang kurang optimal melalui analisisaliran fluida. Penelitian ini bertujuan memodifikasi intake manifolddengan mempertimbangkan dimensi dan variabel aliran seperti tekanan dan kecepatan udara. Metode yang digunakan adalah analisis menggunakan software simulasi dengan model turbulensi K-epsilon Reliaezable. Bahan intake manifold yang digunakan adalah Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf)dengan kepadatan 1450 kg/m³, kepadatan udara 1.225 kg/m³, dan kecepatan awal 0,137 m/s. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa intake manifold modifikasi dengan panjang 8 cm memiliki kinerja lebih baik dibandingkan variasi lainnya, dengan tekanan 2,195 × 10^(-1) Pa dan kecepatan 6,088 × 10^(-1) m/s. Kesimpulannya, variasi panjang 8 cm pada intake manifold dapat dijadikan referensi utama dalam pembuatan prototipe untuk meningkatkan kinerja mesin.
Copyrights © 2024