Perkembangan teknologi internet dan juga pandemi COVID-19 di seluruh dunia menyebabkan peningkatan penggunaan internet, termasuk pemanfaatan media jual beli online melalui layanan e-commerce. Pertumbuhan e-commerce yang begitu pesat di Indonesia menyebabkan banyak perusahaan bergerak di bidang layanan tersebut, seperti: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan lain sebagainya. Tokopedia sendiri merupakan layanan e-commerce buatan Indonesia yang cukup populer dengan jumlah pengunjung setiap bulan terbanyak sepanjang semester I tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas website, brand awareness, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia, baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer melalui kuesioner sebagai metode pengumpulan datanya. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 responden dengan populasi konsumen Tokopedia yang pernah menggunakan dan bertransaksi di Tokopedia. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 point, dibuat menggunakan Google Forms, dan disebar secara online melalui WhatsApp, Telegram, Line, maupun forum diskusi online. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah kualitas website berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas website, brand awareness, dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023