(Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir)
Vol. 9 No. 2 (2024): Al-Qorni Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

FLEKSIBILITAS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

kusyairi2 (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Siswa seringkali mengalami kesulitan ketika diberi soal yang berbeda dari contoh soal yang diberikan oleh guru. Siswa juga terkadang tidak dapat menuntaskan pekerjaannya dengan alasan kurangnya waktu yang diberikan. Salah satu yang mempengaruhi hal ini yaitu ketidakmampuan santri memilih langkah yang tepat dalam pengerjaan, atau bahkan ketidaktahuan santri tentang adanya langkah lain yang bisa ditempuh dalam penyelesaian soal atau bisa dikatakan siswa tidak fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan fleksibilitas siswa laki-laki dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel dan fleksibilitas siswa perempuan dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang profil fleksibilitas siswa MTs. Dalam menyelesaikan persamaan linier satu variable ditinjau dari perbedaan jenis kelamin Penelitian ini menunjukkan siswa laki-laki, dua dari tiga siswa, memberikan cara penyelesaian lain yang lebih praktis dan cepat. Cara lain yang mereka gunakan bukan diajarkan oleh guru matematika di kelas, melainkan dari hasil pemikirannya sendiri untuk mencari cara yang lebih cepat daripada cara yang diajarkan oleh guru. Mereka juga mampu memutuskan cara mana yang paling tepat untuk mereka gunakan ketika mengerjakan soal. dengan cara yang sama yang diajarkan oleh gurunya, cara distributif kemudian dilanjutkan dengan mengelompokkan suku sejenis, tidak memperdulikan bentuk dan karakteristik soal. Karena adanya perbedaan antara fleksibilitas siswa laki-laki dan perempuan terutama dalam memikirkan atau memutuskan strategi yang akan dipakai dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel, maka sebaiknya guru mendesain pembelajaran dengan mempertimbangkan kecenderungan berpikir mereka agar dapat meningkatkan fleksibilitas keduanya dengan maksimal, misalnya dengan mengajak siswa terlibat untuk membandingkan beberapa cara dalam beberapa situasi. Kata Kunci: fleksibilitas, persamaan linier. Satu variable

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alqorni

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal kami bertujuan untuk menerbitkan penelitian atau karya tulis ilmiah lainnya yang berkualitas tinggi di bidang Ilmu al-uran dan Tafsir, dengan penekanan khusus pada aspek Hukum, Sains, historis, teologis, dan sosial-budaya. Kami menyambut artikel penelitian asli atau KTI, ulasan, dan esai ...