Annaba: Jurnal Ilmu Jurnalistik
Vol. 6 No. 4 (2021): ANNABA: Jurnal Ilmu Jurnalistik

Persepsi Wartawan Mengenai Penggunaan Clickbait di Media Daring

Abidin, Jajang Jaenal (Unknown)
Sumadiria, Haris (Unknown)
Rusmulyadi, Rusmulyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wartawan AJI Bandung tentang penggunaan clickbait pada judul berita di media daring melalui tiga aspek penelitian yaitu atensi, seleksi, dan interpretasi wartawan yang tergabung dengan AJI Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara dengan wartawan AJI Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh wartawan memperhatikan dan mengetahui mengenai clickbait, penggunaan clickbait merupakan upaya menarik pembaca namun tidak berlebihan seperti mengabaikan fakta dan masih dalam batas wajar dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung saja. Dalam membuat judul clickbait juga tetap menggunakan aturan seperti kriteria judul berita yang salah satunya harus relevan serta judul berita berkaitan denga nisi berita. Wartawan berpendapat bahwa penggunaan clickbait pada judul berita diperbolehkan namun tanpa mengabaikan kode etik dan tetap bersesuaian antara judul dan isi berita tersebut.ABSTRACTThis study aims to determine the perceptions of AJI Bandung journalists regarding the use of clickbait on news titles in online media through three research aspects, namely attention, selection, and interpretation of journalists who are affiliated with AJI Bandung. The research method used in this study is a qualitative method with data collection in the form of interviews with AJI Bandung journalists. The results of the study show that all journalists pay attention and know about clickbait, the use of clickbait is an attempt to attract readers but not excessively such as ignoring facts and is still within reasonable limits with the aim of only increasing the number of visitors. In making clickbait titles, we still use rules such as the criteria for news titles, one of which must be relevant and the news title related to the news content. Journalists argue that theuse of clickbait on news titles is permissible but without ignoring the code of ethics and keeping the title and content in line with the news.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annaba

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Annaba: Jurnal Ilmu Jurnalistik mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian jurnalistik. Scope kajian jurnal ini meliputi: 1. Jurnalisme cetak; 2. Jurnalisme online; 3. Jurnalisme elektronik; dan 4. Jurnalisme ...