Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredibilitas Citizen Journalism, reputasi media, dan pesan yang disampaikan terhadap sikap pembaca Media Republika dengan menggunakan teori belajar sosial yang menekankan pada self-efficacy hingga observational learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, pun memakai paradigma positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket penelitian kepada 48 responden anggota Jurnalposmedia UIN Bandung. Dalam hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 93% (dalam pengujian koefisien determinasi). Dari ketiga hipotesis yang telah diajukan semuanya dapat diterima.  Artinya, secara bersama-sama variabel X (pengaruh Citizen Journalism) mempengaruhi variabel Y (sikap pembaca) sehingga penelitian ini disimpulkan dapat mendukung teori yang digunakan, yakni teori belajar sosial. Dapat dilihat juga dari keraguan yang ditunjukan responden terhadap masing-masing variabel ini mencerminkan pentingnya mengedepankan faktor-faktor seperti keakuratan dan kejelasan sumber informasi, profesionalisme, dan pemahaman kode etik jurnalistik dalam membentuk sikap pembaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022