Jurnal Al-Husna
Vol. 1 No. 3 (2020): Desember 2020

Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Motivasi BerprestasiIntensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Motivasi Berprestasi

Rahmawati, Riski (Unknown)
Musfichin, Musfichin (Unknown)
Mubarak, Mubarak (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial instagram dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan sample 373 Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi. Hasil dari analisis data  intensitas penggunaan media sosial instagram frekuensi subjek terbanyak berada pada kategori sedang yaitu 283 subjek dengan presentase 75,9%, kemudian pada kategori tinggi yaitu 47 subjek dengan presentase 12,6%, dan kategori rendah sebanyak 43  subjek dengan presentase 11,5%. Sedangkan hasil analisis dari motivasi berprestasi frekuensi subjek terbanyak berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 228 subjek dengan presentase 61,1%, kemudian kategori tinggi sebanyak 78 subjek dengan presentase 20,9%, kategori rendah sebanyak 67 subjek dengan persentase 18%. Nilai r adalah 0,292 (positif) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, dengan tingkat hubungan antar variabel tergolong rendah. Uji korelasi ini menggunkan teknik Pearson Product Moment diketahui bahwa nilai r hitung sebesar 0,292 dan  p value 0,000 sementara nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N 373 ialah 0,101. Karena nilai r hitung yang didapat (0,292) > r tabel (sig % = 0,101) (p value < 0,05), maka hipotesis alternatif yang menyatakan ada hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan motivasi berprestasi dapat diterima. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alhusna

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Psikologi Islam, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, dan Psikologi Industri dan ...