Stres akademik adalah keadaan tertekan yang didapat individu dari bidang akademik. Stres akademik bisa dialami oleh peserta didik termasuk mahasiswa tingkat akhir. Pada dasarnya ketika mahasiswa mengalami stres akademik maka mereka akan mencari cara untuk mengatasinya atau koping. Salah satu bentuk koping yang sering dilakukan mahasiswa dengan menggunakan koping religius. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh koping religius terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis model regresi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin dengan sampel penelitian berjumlah 86 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh koping religius positif terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora dengan taraf signifikansi sebesar 0,011 (p < 0,05) dan sumbangan nilai sebesar 7,4%. 2) Terdapat pengaruh koping religius negatif terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dimana (p < 0,05) dan sumbangan nilai sebesar 36,6%. 3) Terdapat pengaruh koping religius positif dan koping religius negatif secara simultan terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dimana (p < 0,05) dan sumbangan nilai sebesar 36,9%.
Copyrights © 2025