Journal Of Health Science Community
Vol. 3 No. 2 (2022): November

Analisis Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas

Selfia Sari (Unknown)
Byba Melda Suhita (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Kualitas mutu pelayanan kesehatan tidak memenuhi tingkat kepuasaan pasien mengakibatkan Puskesmas akan ditinggalkan oleh masyarakat oleh karena kualitas pelayanan yang buruk. Tujuan dari penulisan literature review ini adalah untuk mereview hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di puskesmas. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Database yang digunakan adalah google scholar, science direct dan wiley online library. Kata kunci yang digunakan yaitu (Mutu Pelayanan) dan (Kepuasan Pasien di Puskesmas). Jurnal yang direview sebanyak 10 jurnal sesuai denga topik dan tahun penerbitan. Hasil literature review diketahui mutu pelayanan di Puskesmas dalam kategori baik dan kepuasan pasien di Puskesmas dalam kategori puas. Hasil analisa data diketahui ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas. Berdasarkan hasil literature review disimpulkan bahwa mutu pelayanan yang berkualitas akan meningkatkan kepuasan pasien, pasien mau datang berobat kembali dan juga pasien akan merekomendasikan kepada kerabat dan teman-temannya tentang pelayanan yang diberikan oleh puskesmas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jhsc

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Journal of Health Science Community (JHSC) is an open access journal (e-journal) which publishes scientific works for health worker, academic people, and practitioners. JHSC welcomes and invites original and relevant research articles in health science, as well as literature study and case report ...