DIDAKTIKA
Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023

Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Kosa Kata Benda Melalui Implementasi Media Gambar Untuk Peserta Didik Tunarungu SDLB

Nuraini, Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami kosa kata benda melalui implementasi media gambar pada siswa tunarungu di SLB Negeri 1 Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IIB yang berjumlah 5 orang. Indikator keberhasilan penelitian ditinjau dari kemampuan memahami kosakata yang diukur menggunakan tes. Data hasil tes selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami kosakata untuk tiap siklus. Kegiatan penelitian dilaksanakan selama dua siklus mulai bulan Agustus s/d Oktober 2021. Implementasi media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan kosa kata benda siswa SLB Negeri I Lombok Barat. Hal ini diperkuat oleh skor hasil belajar yang menunjukkan kemampuan kosa kata benda siswa. Kemampuan memahami kosa kata siswa pada pra perlakuan cukup rendah dengan hanya satu subjek yang memiliki skor sesuai KKM. Pelakuan pada siklus I melalui implementasi media gambar menunjukkan adanya peningkatan skor pemahaman kosa kata benda siswa, meskipun tidak seluruh subjek memiliki skor yang telah memenuhi KKM. Adanya kekurangan pada siklus I menjadi dasar perbaikan pembelajaran pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dari pre test, post test siklus I dan post test siklus II. Keseluruhan subjek memiliki skor di atas KKM yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa implementasi media gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan kosa kata benda siswa tuna rungu SLB Negeri I Lombok Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didaktika encourages the publication of articles that emphasize improving classroom teaching practices through cyclical action approaches, teacher-researcher collaboration, and implementing instructional strategies that positively impact both the learning process and student outcomes. While ...