JARSI
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia

SYSTEMATIC REVIEW: PENGARUH KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN DAN PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

Syarifah, Adibatu (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Sistem pelayanan kesehatan yang baik dan efektif merupakan elemen yang sangat penting dalam kemajuan dan peningkatan kualitas suatu pelayanan. Kualitas pelayanan kesehatan harus diperhatikan oleh institusi kesehatan karena memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Metode yang digunakan peneliti adalah Systematic Review dengan cara mengumpulkan, menyeleksi, dan mengkaji artikel ilmiah sesuai dengan tujuan penelitian. Jumlah artikel dalam penelitian ini yaitu 4 artikel yang terdiri dari jurnal nasional yang sesuai dengan kriteria Inklusi. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa kompetensi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Kompetensi tenaga kesehatan menjadi penting karena berhubungan langsung dengan pasien, sedangkan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit menunjukan kualitas mutu dari rumah sakit tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jarsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia (JARSI) diinisiasi oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STIKES RS Baptis Kediri. Sebagai jurnal ilmiah, JARSI memiliki fokus di bidang administrasi dan manajemen pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan masyarakat. Artikel atau naskah ilmiah ...