Peluang masyarakat yang memiliki usaha mikro saat ini sangat tinggi. Dunia digital yang dapat diakses dimana saja dengan menggunakan internet dapat membantu para pengusaha kecil yang masih berkembang khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Produk atau jenis di UMKM mempunyai daya jual yang berbeda-beda. Peluang besar ini akan sangat disayangkan jika tidak ada manajemen yang mampu menyelesaikan permasalahan dalam bisnis tersebut. Seperti contoh usaha yang pernah dijalankan warga di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Jombang. Namun dalam usahanya, ia masih mengalami kendala dalam hal pemasaran. Mengingat kebutuhan masyarakat saat ini yang tinggi dan beragam, produk-produk tersebut tidak menutup kemungkinan dapat dijangkau melalui pemasaran digital. Melalui analisis terhadap permasalahan yang ada pada perusahaan maka dapat dirumuskan suatu permasalahan yang dapat diuraikan melalui beberapa tahapan mulai dari desain kemasan hingga proses promosi dan pemasaran. Salah satu strategi dalam bisnis ini adalah dengan memanfaatkan Instagram, TikTok, dan online marketplace yaitu Shopee untuk melihat tren penggunaan. aplikasi tinggi. Konsistensi promosi dalam bentuk penjualan juga akan mempengaruhi peningkatan tersebut.
Copyrights © 2024