Pandemi covid-19 menyebabkan pendapatan atau penghasilan masyarakat menurun, sehingga berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Kepatuhan masyarakat terhadap peraturan pemerintah untuk bekerja dan melakukan aktivitas dari rumah untuk mengurangi penyebaran covid-19 juga perlu dilakukan. Pelaku UMKM termasuk yang terdampak, dikarenakan aktivitas kegiatan pemasarannya yang terganggu. Hal ini juga dialami oleh UMKM “Combro Citra Rasa” di Dusun Dumpil Desa Tegalombo. Tujuan kegiatan ini mendampingi pemasaran secara online produk UMKM tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan secara langsung pada kegiatan produksi dan pemasaran secara online pada produk combro. Metode yang digunakan melalui sosialisasi dan pelatihan diantaranya penyuluhan proses produksi makanan yang sehat, pelatihan pembuatan kemasan dan label, serta pedampingan pemasaran online. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini pada UMKM Combro Citra Rasa yaitu penulis sudah membantu dalam memproduksi combro, pendampingan dan pembuatan seperti label kemasan Combro Citra Rasa, pembuatan caption di media sosial dengan menarik, pembuatan marketplace Shopee serta pembuatan laporan manajemen keuangan melalui aplikasi BukuWarung. Dampak dari kegiatan pendampingan yang telah dilakukan kepada UMKM Combro Citra Rasa, mitra tersebut kini semakin mudah dalam menjual produknya dengan media online tanpa harus menjual ke warung-warung atau pasar. Kemudian setelah dilakukan pendampingan dalam memanajemen keuangan yang dilakukan dengan aplikasi BukuWarung, mitra menjadi memiliki catatan yang rinci dan jelas tentang keuangan usahanya.
Copyrights © 2022