Journal of Information System & Business Management (ISBM)
Vol. 1 No. 1 (2023)

Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk di Kota Tegal)

Prasetyono, Agus (Unknown)
Indriasih, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Bagi Perbankan Syariah, kinerja karyawan merupakan hasil kerja yang telah dilakukan oleh setiap karyawan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif untuk mencapai tujuan perusahaan. Adapun tujuan perbankan syariah pada umumnya antara lain, dapat memberikan pelayanan maksimal kepada para nasabah, dapat meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DP3) baik tabungan, deposito dan giro serta dapat memberikan kredit atau pembiayaan yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan aset perusahaan serta memberikan laba yang maksimum bagi perusahaan dan stakeholder. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap kepuasan kerja. 2) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kepuasan kerja. 3) Untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap kinerja karyawan. 4) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kinerja karyawan. 5) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. 6) Untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variable intervening. 7) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variable intervening. Responden dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Para responden tersebut merupakan karyawan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk di Kota Tegal baik karyawan tetap maupun karyawan tidak tetap. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) PLS 3.0 sebagai alat analisisnya. Hasil analisis data membuktikan bahwa variabel self esteem dan self efficacy berpengaruh terhadap kepuasan kerja, variabel self esteem berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, variabel self efficacy tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, variabel kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, self esteem berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening dan self efficacy tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

isbm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Bisnis Digital, Manajemen, Bisnis, Sistem Informasi dan Teknik Informatika (ISBM) is a peer-reviewed journal. ISBM invites academics and researchers who do original research in the fields of System Information, Technic Information, management, and Business including but not ...