Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika make a match berbantuan autoplay untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yakni pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi yang digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni RPP dengan skor kevalidan 3,73, LKPD yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3,82 dan 3,67, serta media pembelajaran yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3,93 dan 3,67. Respon guru dan siswa dengan persentase 82% dan 87,5% dengan kategori praktis. Selanjutnya, media pembelajaran yang dikembangkan dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan kategori interpretasi indeks Gain ternormalisasi 0,3
Copyrights © 2021