Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN DIRECT INSTRUCTION

Husnaini, Rizki (Unknown)
Yahfizham (Unknown)
Hasibuan, Eka Khairani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Make A Match dan Direct Intsruction siswa kelas XI. Populasinya adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Kelas XI-1 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Make A match, dan XI-2 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen II dengan odel Direct Intruction. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk angket minat belajar dan tes uraian . Hasil penelitian, diperoleh uji normalitas kelas eksperimen I angket minat Lhitung = 0,140. Kelas eksperimen pre-test Lhitung = 0,136  dan post-test Lhitung = 0,070. Sedangkan kelas eksperimen II angket minat belajar Lhitung = 0,136. Kelas eksperimen II pre-test Lhitung = 0,153 dan post-test Lhitung = 0,146.Berdasarkan Ltabel = 0,190 data dari kelas eksperimen I dan eksperimen II tersebut dinyatakan berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas diperoleh hasil angket minat belajar Fhitung = 0,847. Nilai pre-test Fhitung = 0,961, dan post-test Fhitung = 0,562. Berdasarkan Ftabel = 2,171 diperoleh Fhitung < Ftabel , sehingga kedua sampel homogen. Uji hipotesis Uji-t, untuk hipotesis pertama diperoleh thitung > ttabel dengan 1,722> 1,685 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis kedua diperoleh thitung > ttabel dengan 1,919 > 1,685 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. ABSTRACT                     This study aims to determine differences in interest and learning outcomes through the Make A Match and Direct Instruction learning model for class XI The population is class XI which consists of 2 classes. Class XI-1 consisted of 20 people as experimental class 1 with the Make A match learning model, and XI-2 consisted of 20 people as experimental class II with Direct Instruction model. The instruments in this study were in the form of a learning interest questionnaire and a description test. The results of the study, obtained the normality test of the experimental class I interest questionnaire Lcount = 0.140. The experimental class pre-test L count = 0.136 and post-test L count = 0.070. While the experimental class II questionnaire of learning interest L count = 0.136. Experimental class II pre-test L count = 0.153 and post-test L count = 0.146. Based on Ltable = 0.190, the data from the experimental class I and experiment II were declared to be normally distributed with Lcount < Ltable. The homogeneity test obtained the results of the interest in learning questionnaire Fcount = 0.847. The pre-test value Fcount = 0.961, and the post-test Fcount = 0.562. Based on Ftable = 2.171, Fcount < Ftable is obtained, so that the two samples are homogeneous. Hypothesis test T-test, for the first hypothesis obtained tcount > ttable with 1,722 > 1,685 stating Ho is rejected and Ha is accepted. The second hypothesis is obtained tcount > ttable with 1,919 > 1,685 stating Ho is rejected and Ha is accepted.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...