Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN RECIPROCAL TEACHING DAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION

Kusumah, Siska Widia (Unknown)
Yahfizham (Unknown)
Siregar, Tanti Jumaisyaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Suhud T.P 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 90 orang. Kelas VIII-1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching, dan VIII-3 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes uraian. Hasil penelitian, diperoleh Uji hipotesis Uji-t, untuk hipotesis diperoleh thitung > t tabel dengan 4,212 > 2,002 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan pembelajaran materi SPLDV dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dibandingkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition.Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan Auditory Intellectually Repetition Pada Materi SPLDV di kelas VIII MTs Al-Muttaqin Suhud T.P 2021/2022   ABSTRACT                      This research is a quasi-experimental quantitative research. The population is class VIII students at MTs Al-Muttaqin Suhud T.P 2021/2022 which consists of 3 classes totaling 90 people. Class VIII-1 consisted of 30 people as the experimental class I with the learning model of Reciprocal Teaching, and VIII-3 consisted of 30 people as the experimental class II with the learning model of Auditory Intellectually Repetition. The instrument in this research is in the form of a  description  test.The results showed that Hypothesis test T-test, for the hypothesis obtained tcount > ttable with 4,212 > 2,002 stating Ho is rejected and Ha is accepted.Thus, it is concluded that the learning of SPLDV material with the Reciprocal Teaching learning model is better than the Auditory Intellectually Repetition learning model. So there are differences in learning outcomes that are taught with the Reciprocal Teaching and Auditory Intellectually Repetition learning models in SPLDV material in class VIII MTs Al-Muttaqin Suhud T.P 2021/ 2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...