Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembuatan video pembelajaran berdasarkan model pengembangan ADDIE, melihat tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran videoscribe pada materi matriks. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas XI SMA Prima Tembung yang berjumlah sebanyak 23 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan dan angket motivasi belajar peserta didik untuk melihat tingkat kepraktisan media dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat tingkat keefektifan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran sebesar 2,67 dengan kategori baik/cukup valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 3,87 dengan kategori baik/praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifan dari mediapembelajaran berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86% dengan hasil indeks Gain Ternomalisasi 0,34 yang tergolong sedang. ABSTRACT This study aims to see the process of making learning videos based on the ADDIE development model, to see the level of validity, practicality and effectiveness of the videoscribe learning media on matrix material. This research includes research and development (Research and Development). This study uses the ADDIE development model with 5 stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The subjects in this study were students in class XI SMA Prima Tembung totaling 23 students. The instrument in this study used a questionnaire to see the validity and a questionnaire of students' learning motivation to see the level of practicality of the media and a test of student learning outcomes to see the level of effectiveness of the media developed. The results of this study indicate that the level of validity of the learning media is 2.67 with a good/fairly valid category. For the level of practicality of learning media based on student response questionnaires of 3.87 in the good/practical category. Meanwhile, the level of effectiveness of the learning media based on the percentage of classical learning completeness is 86% with the result of the Normalized Gain index of 0.34 which is classified as moderate.
Copyrights © 2022