Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan strategi Joyfull Learning berbantuan media blok aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakandesain penelitian yaitu One Group PreTest – PostTest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA Mts Syafi’iyatul Ahmad. Berdasarkan hasil PreTest dan PostTest yang dilakukan dengan menggunakan\strategi Joyfull Learning berbantuan media blok aljabar, peneliti menemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara PreTest dan PostTest pada kemampuan pemahaman konsep siswa. Pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Analisis uji-t yang dilakukan terhadap rata-rata tes akhir pada kemampuanpemahaman konsep didapatkan hasil nilai thitung > ttabel yaitu 12,41 > 2,093, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis alternatif Ha yang menyatakan “Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Joyfull Learning berbantuan media blok aljabar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa”. ABSTRACK This study aims to determine the students conceptual understanding ability bu using a Joyfull Learning strategy with algebraic blok media. This type of research design, namely one group pre-test post-test. The subject desain in this studyis a class VIII-A student of MTs Syafi’iyatul Ahmad based on the results of the pre-test and post-test which was carried out using the Joyfull Learning strategy with algebraic blok media, the researchers found that the student’d conceptual understanding ability. Hypothesis testing with t-test at a significance level of 5% t-test analysis. Which was carried out on the avarage final test on the ability to understand concept, the result obtained that the tvalue > ttable, namely 12,41 > 2.093 so that H0 was rejected and Ha was accepted so that the alternative hypothesis which stated that “there was a Joyfull Learning strategies made of block media algebra on students conceptual understanding Mts Syafi’iyatul Ahmad”
Copyrights © 2022