Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembuatan video pembelajaran berdasarkan model 4D, melihat tingkat kevalidan, dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis video pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.Penelitian ini menggunakan model pengembengan 4-D dengan 4 tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas X MIPA-2 SMA Negeri 14Medan yang berjumlah sebanyak 25orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran berdasarkan ahli media sebesar 96,6% dengan kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat layak sehingga media pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan untuk tingkat keefektifan berdasarkan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 84% dengan hasil indeks Gain Ternormalisasi 0.30 < g < 0.70 tergolong sedang, dan tafsiran efektivitas NGain sebesar 67 % tergolong cukup efektif. ABSTRACK This study aims to see the process of making learning videos based on the 4D model, the level of validity, and effectiveness of video-based learning media on the material of a three-variable linear equation system. This study uses a 4-D model development with 4 stages, namely define (definition), design (design), develop (development) and dessiminate (deployment). The subjects in this study were 25 students in class X MIPA-2 SMA Negeri 14 Medan. The results of this study indicate that the level of validity of the learning media based on media experts is 96.6% with a very feasible category and 100% material experts with a very feasible category so that the learning media is said to be valid. Meanwhile, the level of effectiveness based on the percentage of classical learning completeness is 84% with the results of a Normalized Gain index of 0.30 < g < 0.70 classified as moderate, and the interpretation of the effectiveness of NGain of 67% is quite effective
Copyrights © 2022