Kualitas pelayanan Rumah Sakit dapat diketahui dari penampilan profesional personil Rumah Sakit, efisiensi dan efektivitas pelayanan serta kepuasan pasien. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi perawat dalam berinteraksi dengan pasien. Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sabagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan yang diberikan dalam bentuk keluhan pasien ataupun keluaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Post operasi yang berjumlah 477 responden. Pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu pengambilan untuk suatu tujuan dengan cara menetapkan karakteristik tertentu yang dianggap mewakili populasi, pengambilan sampel adalah dengan teknik slovin yang berjumlah 83 responden. Hasil analisa dengan menggunakan Uji Chi-Square test memperlihatkan bahwa nilai signifikan probabilitas (Asymp.Sign) Komunikasi perawat 0,002nilai sig α 0,05, hal ini membuktikan bahwa ada hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien di RSU Mitra Medika. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara statistik ada hubungan komunikasi perawat dengan pasien post operasi di RSU Mitra Medika Medan Tahun 2021. Untuk perawat disarankan agar mempertahankan komunikasi perawat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu pada pasien post operasi.
Copyrights © 2022