E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 11 No 5 (2022)

BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA SEPEDA MOTOR HONDA ADV

I Gede Agus Riyan Kameswara (Universitas Udayana)
Ni Nyoman Rsi Respati (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
19 May 2022

Abstract

Permintaan akan kendaraan jenis motor selalu meningkat, sehingga menyebabkan produsen sepeda motor berlomba-lomba untuk menawarkan produk sepeda motor yang dimiliki, khususnya pada sepeda motor matic. Salah satu brand motor yang ikut berkompetisi untuk mengeluarkan produk sepeda motor matic adalah Honda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh E-WOM terhadap brand image dan niat beli, serta menjelaskan pengaruh brand image terhadap niat beli dan peran brand image dalam memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat beli motor Honda ADV. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh calon konsumen produk motor Honda ADV di Kabupaten Tabanan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan niat beli, Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, Brand image dapat memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat beli pada motor Honda ADV secara positif dan signifikan. Hal ini berarti semakin meningkat E-WOM positif diantara konsumen, maka niat pembelian akan semakin tinggi, dengan adanya brand image sebagai mediator dapat memberikan dorongan terhadap konsumen untuk lebih memperkuat keputusan pembelian. Kata Kunci: E-WOM, Brand Image, Niat Beli

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...