Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik (JISOSEPOL)
Vol. 2 No. 2 (2024): JISOSEPOL : Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, Edisi Juli-Desember 2024

Pengaruh Persepsi Konsumen, Brand Image dan Iklan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk

Risma Rahayu (Universitas Pelita Bangsa)
Omah (Universitas Pelita Bangsa)
Fitri Madani (Universitas Pelita Bangsa)
Muhammad Hilmy Syarifudin (Universitas Pelita Bangsa)
Asral (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Peluang baru untuk penjualan produk skincare muncul dengan munculnya e-commerce melalui platform media sosial seperti TikTok Shop. Namun, faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian pelanggan masih belum sepenuhnya dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen, brand image, dan iklan media sosial terhadap keputusan pembelian skincare di TiktokShop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan dari 91 responden yang merupakan pengguna aktif TiktokShop melalui kuesioner, dan dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan media sosial memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sementara persepsi konsumen dan brand image tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial. Namun, secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil menunjukkan bahwa pengoptimalan media sosial adalah strategi utama untuk meningkatkan penjualan produk skincare di toko skincare TikTok, didukung oleh peningkatan persepsi pelanggan dan brand image.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JISOSEPOL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Focus : JISOSEPOL berfokus pada manuskrip hasil penelitian dan hasil kajian dari peneliti, praktisi, dosen dan mahasiswa pada bidang ilmu ekonomi, sosial, politik dan hukum.. Scope: Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Ilmu Sosial, Antropologi, Sosiologi, Ilmu komunikasi, Ilmu ...