Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESIAPAN UJIAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 MAOS

Muhammad Naufal (Unknown)
Ivan Dwi Saputra, Ivan Dwi Saputra (Unknown)
Kusno, Kusno (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Keterampilan dalam matematika menjadi sangat penting pada abad ke-21 saat ini, salah satu hal yang menjadi perhatian adalah kesiapan siswa dalam menghadapi ujian matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesiapan siswa SMP Negeri 1 Maos dalam menghadapi ujian matematika dengan memperhatikan beberapa indikator mencakup aspek kepercayaan diri, kebiasaan belajar, kecemasan, pemahaman, waktu, dukungan eksternal, konsentrasi, dan motivasi. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas IX yang dipilih secara acak. Prosedur penelitian meliputi penyusunan, penyebaran, dan analisis angket, serta penarikan kesimpulan. Angket terdiri dari 30 pernyataan dengan skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan dukungan eksternal siswa berada pada tingkat tinggi, kebiasaan belajar berada pada tingkat sedang, sementara kecemasan, pemahaman, dan motivasi berada pada tingkat sangat rendah. Indikator-indikator yang sangat rendah ini perlu mendapat perhatian lebih dari guru dalam perencanaan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...