Dominannya penggunaan metode cearamah yang dilakukan guru membuat proses belajar yang dirasakan siswa ketika pembelajaran adalah mengantuk, bosan, jenuh serta tidak ada interaksi siswa dengan guru Cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebutadalah menggunakan metode edutainment ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan narasumber yaitu Guru MA Nurul Hidayah Padalarang, peserta didik kelas X dan Kelas XI. Metode edutainment pada pembelajaran PPKn dimulai dengan guru merencanakan pembelajaran dengan menyiapkan perangkat pembelajaran baik berupa RPP maupun media. Dengan penerapan edutainment, siswa semakin aktif seperti mengajukan pertanyaan, berani untuk mengemukakan pendapat dan senang mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Evaluasi yang dilakukan guru kepada siswa yaitu dengan membantu siswa untuk mengingat, menghapal mengenai materi-materi ajar yang telah dibahas oleh guru mata pelajaran PPKn guru sering memberikan tugas-tugas atau sebuah pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa atau siswa kepada guru.
Copyrights © 2022