Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal sunda di SMK Pasundan 1 Cimahi tergolong kategori yangtinggi yang menonjol pada nyunda, nyantri, nyakola, dan nyantika. Tujuan penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan persepsi warga sekolah terhadap pendidikan karakter melalui nilai-nilai kearifanlokal sunda; 2) Untuk mengetahui program pendukung pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifanlokal sunda di SMK Pasundan 1 Cimahi; 3) Untuk mengetahui dampak pendidikan karakter berbasisnilai-nilai kearifan lokal sunda terhadap karakter siswa di SMK Pasundan 1 Cimahi. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif. Instruman yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaranpenanaman nilai-nilai kearifan lokal biasanya di sekolah SMK Pasundan 1 Cimahi menerapkan mulaiawal pembelajaran, terutama mulai dari MPLS itu sendiri pengenalan lingkungan sekolah dimanapada saat itu siswa baru di berikan pemaparan, penjelasan tentang kearifan lokal khususnya pertama,tentang kepasundanan. Yang kedua, tentang keagamaan karena prinsip budaya pasundan itunyunda, nyantri, nyakola dan nyantika. Cara mengajarkan atau nilai kesundaan yakni melalui materikepasundanan, nyantrinya pembiasaan dimulai solat berjamaah, awal pembelajaran sudah dimulai danpembacaan ayat-ayat al-qur’an, dan kemudian untuk hari jum’at ada solat duha bersama dan pengajian,sehingga nilai-nilai itu ditanam dan dibiasakan diimplementasikan dalam setiap hari pembelajaran.
Copyrights © 2023