PROTON : Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Mesin
Vol. 5 No. 1: Maret 2013

STUDY EXPERIMENTAL PENGARUH SPARK PLUG CLEARANCE TERHADAP DAYA DAN EFISIENSI PADA MOTOR MATIC

Edi Sarwono (Unknown)
Toni Dwi Putra (Unknown)
Agus Suyatno (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Pada internal combustion engine dipengaruhi oleh proses pembakaran, sedangkan proses pembakaran dipengaruhi oleh berbagai variabel. Dari berbagai variabel tersebut salah satunya adalah celah busi. Celah busi ini akan mempengaruhi kualitas loncatan bunga api. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh spark plug clearence terhadap daya dan efisiensi pada motor matic. Penelitian dilakukan menggunakan metode experimental. Kendaraan yang digunakan adalah mesin Yamaha Mio matic 113.7 cc silinder tunggal. Menggunakan 3 variasi celah busi yaitu 0.6 mm, 0,8 mm, 1 mm. Sedangkan putaran juga divariasikan mulai dari 3000 rpm, 4000 rpm, 5000 rpm, 6000 rpm dan  7000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya roda yang tertinggi dihasilkan engine dengan jarak elektroda busi 0,60 mm menghasilkan 4,85 HP di putaran 7000 rpm. Daya bahan bakar tertinggi terjadi pada putaran 7000 rpm dengan jarak elektroda busi 0,60 mm, dengan nilai sebesar 7,84 HP. Effisiensi terbesar pada celah busi 0,60 mm yaitu 61,82 % di putaran 7000 rpm.   Kata kunci : Celah busi, putaran, daya dan efisiensi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

proton

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Ruang lingkup jurnal ini mencakup, tetapi tidak terbatas pada, bidang-bidang berikut: 1. Konversi Energi 2. Rekayasa dan Konstruksi Mesin 3. Ilmu dan Rekayasa Material 4. Proses dan Teknologi Manufaktur 5. Teknik Industri dan Sistem ...