Journal of Islamic Economics Studies and Practices (JIESP).
Vol. 1 No. 2 (2022): Desember

Perkembangan Industri Halal di Indonesia

Hasanah, Niswatun (Unknown)
Azizah, Nur (Unknown)
Rizki Nikmatussolihah, Maulida (Unknown)
Santoso, Moh. Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Industri halal merupakan kegiatan industri yang cara pengolahan, transaksi, dan produk mengikuti syariat islam. Adapun sektor-sektor yang di naungi diantaranya halal food, halal fashion, travel, dan halal finance. Halal industri ini berkembang secara pesat salah satunya di Indonesia dimana, Indonesia sendiri penduduk nya mayoritas beragama islam berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2021 sekitar 237,53 juta jiwa. Angka ini tidaklah sedikit dibanding Negara-negara yang lain. Sehingga tidak heran jika industri halal menjadi pendorong dalam pertumbuhan ekonomi dunia. . Konsumsi produk halal di Indonesia pada tahun 2019 mencapai US$144 miliar dan menjadikan sektor pariwisata ramah muslim menduduki posisi ke-6 dunia dengan nilai US$11,2 miliar. Pencapaian ini dapat terus meningkat seiring berjalannya tahun. Namun saat ini, industri halal di Indonesia masih didominasi oleh sektor pangan dan kosmetik padahal sektor-sektor yang lainnya juga tidak kalah penting dan perlu dikembangkan. Perkembangan industri hala di Indonesia mempunyai rintangan dan tantangan salah satunya pada kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Minimnya pelaku industri halal yang memiliki sertifikat halal dalam mengembangkan usahanya dan juga tantangan pada daya saing produk local yang lebih dulu berkembang di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIESP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Islamic Economics Studies and Practices (JIESP) invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic economics, Islamic public finance, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic business ethics, Islamic ...