An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 3: Mei 2023

Implementasi Manajemen Disain Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung

Cafrina Dianty (Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia)
Yulinar (Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia)
An An Andari (Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia)
Agus Sujarwo (Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia)
Nur Hidayah (Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi mengevaluasi Disain Pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jeniis pendekatan kualitatif desktiptif, Pengumpulan data dilakukan melalui berapa tahapan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpula, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Subjek Penelitian terdiri dari Kepala sekolah, kurikulum Wakasek, guru Pendidikan Agama Islam Yang terdiri Dari Guru Al Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak Dan SKI. Setelah Data Tekumpul maka Langkah selanjutnya adalah dengan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Implementasi Manajemen Evaluasi Disain Pembelajaran Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung telah sesui Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah namun masih ditemukan kesenjangan dimana: 1) pada perencanaan desain dalam penyusunan materi/materi belum berurutan, analitis, terkait dengan kondisi dan aktualnya; 2) evaluasi kinerja instalasi pembelajaran guru biologi sudah mengacu pada standar yang berpedoman pada komponen aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tidak ada kesenjangan; 3) Proses pelaksanaan penyampaian materi belum berurutan, analitis, terkait kondisi dan aktual, serta pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup belum terlaksana secara maksimal; 4) pada hasil belajar telah dilakukan penilaian autentik terhadap proses belajar mengajar yaitu penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik tetapi penilaian afektif hanya menilai siswa berprestasi. Rekomendasi perlu dilakukan untuk memperbaiki desain, proses, dan hasil agar dalam pelaksanaannya menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...