Pembelajaran karakter khususnya kemandirian dan tanggung jawab ditanamkan pada santri sejak awal dalam berbagai pembelajaran, baik di kelas, luar kelas, serta lingkungan pondok pesantren pada umumnya. Topik pembahasan dalam penelitian ini yang akan peneliti lakukan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, dengan judul “Pembelajaran Karakter Tanggung Jawab pada Santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo”. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi pembelajaran di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?; 2) Bagaimana pembelajaran karakter tanggung jawab pada santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?; 3) Bagaimana pengalaman ustadz dalam pembelajaran karakter tanggung jawab pada santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?; 4) Bagaimana pengalaman santri dalam pembelajaran karakter tanggung jawab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai the key instrument adalah peneliti sebagai alat pengumpul data utama. Analisis data versi Miles dan Huberman, bahwa ada tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk mendapatkan data yang relevan, maka peneliti melakukan pengecekan keabsahan data hasil penelitian dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian menyatakan bahwa 1) kondisi Pondok Pesantren Bahrul Ulum dengan suasana lingkungan yang asri, tenang, aman, dan sejuk, dapat mendukung terciptanya semangat belajar yang tinggi dan memungkinkan pengembangan potensi santri. Gedung asrama, gedung sekolah, masjid, dan sarana prasarana lainnya yang memadai memberikan kenyamanan bagi santri dalam pembelajaran khususnya pembelajaran karakter; 2) Pembelajaran Karakter Tanggung Jawab Bagi Santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk melalui berbagai kegiatan diantaranya sistem pendidikan pesantren, sistem keorganisasian, program niha’ie (program penghabisan), dan program pengabdian; 3) Pengalaman ustadz dalam pembelajaran karakter tanggung jawab dinyatakan secara bervariasi; dan 4) Pengalaman pembelajaran karakter tanggung jawab yang dirasakan santri dalam interaksi keseharian di Pondok Pesantren Bahrul Ulum adalah 1) Kewenangan dan pengontrolan dari ustadz dan 2) Kehangatan relasi antara santri dan ustadz.
Copyrights © 2023