An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 4: Juli 2023

PEMBELAJARAN ISTIMA’ PADA APLIKASI ARAB FUN EASY LEARN (STUDI ANALISIS KONTEN MENURUT STANDAR ACTFL)

Vividia Choirun Nisa (Pendidikan Bahasa Arab , Fakultas Tarbiyah, Universitas KH. Abdul Chalim, Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Sebagaimana yang diketahui bahawa keterampilan mendengar adalah melihat kemampuan seseorang dalam memahami kata atau kalimat yang diujarkan oleh mitra bicara atau media tertentu. Akan tetapi masih banyak oarang yang kesulitan pada keterampilan mendengar karena belajar hanya mengandalkan belajar di sekolah dan kursus bahasa, pada zaman sekarang banyak aplikasi yang menyediakan pembelajaran dalam melatih keteampilan mendengar untuk belajar secara mandiri seperti aplikasi Arab Fun Easy Learn. Tujuan penelitian ini untuk menyingkap isi pada Aplikasi Arab Fun Easy Learn berdasarkan standar The American Council On The Teaching Of Foreign Language (ACTFL) yang berfokus pada maharah istima’.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan metode studi analisis konten. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan pendekatan analisis isi Mills & Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa isi yang terdapat pada aplikasi arab fun easy learn berdasarkan standar ACTFL terdapat pada tingkatan novice mid dan Novice high untuk keterampilan mendengarkan. Dalam tingkatan ini penggna dapat mengetahui kosakata dan percakapan sederhana yang sering dijumpai dan dekat dengan kehidupan sosial pengguan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...