Metode pengajaran yang digunakan seringkali dijadikan tolak ukur keberhasilan dalam sebuah pengajaran bahasa, karena metode itulah yang menentukan isi dan cara pengajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beragam macam metode pengajaran bahasa arab dan unsur-unsurnya yang digunakan Dosen Pendidikan Bahasa Arab di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Teknik pengumpulan data: observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan koding terbuka, koding aksial dan koding selektif. Adapun Dosen Pendidikan Bahasa Arab sudah menerapkan 8 (delapan) metode pengajaran, yaitu: Metode Tata Bahasa-Terjemah, Metode Langsung, Metode Dengar-Ucap, Metode Dengar-Lihat, Metode Komunikatif, Metode Menirukan-Menghafal, Metode Membaca, dan Metode Campuran. Sehingga dari beragam metode pengajaran tersebut yang paling sering digunakan Dosen, yaitu: Metode Langsung (Direct Method/Thariqah Al-Mubasyirah. Dan Dosen Pendidikan Bahasa Arab juga telah menerapkan 3 (tiga) unsur-unsur bahasa yaitu: tata bunyi, kosa kata dan kaidah bahasa. Namun, unsur-unsur bahasa yang sering digunakan oleh dosen adalah kosa kata. Dengan demikian, hal tersebut sesuai dengan data yang ditemukan peneliti.
Copyrights © 2023