An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 4: Juli 2023

Pengaruh Media Bianglala Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema 5 Subtema 2 Materi Membandingkan Pecahan Sederhana Di MIN 1 Mojokerto

Nurul Aini Toyibatul Rahmadhani Fadillah (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia)
Agung Purwono (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar murid. Untuk menciptakan efektifitas belajar mengajar yang terarah dan efektif agar dapat meningkatkan hasil belajar murid, maka diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan dan menggunakan media konkret, guna dapat membangkitkan minat dan kretivitas murid dalam belajar. Permainan biangalala merupakan media pembelajaran yang mengandung unsur edukasi dengan tujuan dapat mengembangkan salah satu aspek perkembangan kognitif yaitu kemampuan matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media bianglala pecahan terhadap hasil belajar siswa pada materi membandingkan pecahan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif Two grup pre-test ˗˗ post-test design. Dengan sample penelitian pada kelas III yang berjumlah 22 siswa kemudian diberikan perlakuan. Dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan didapatkan data dari skor pretest dan posttest, yang kemudian didapatkan hasil analisis deskriptif dimana rata-rata pada kelas eksperimen dengan persentase 67,40% dan rata-rata kelas kontrol dengan persentase 39,11%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media bianglala pecahan lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada pembelajaran metode Discovery Learning tanpa menggunakan media. Terdapat perbedaan rata-rata antara pembelajaran menggunakan media bianglala pecahan dengan metode Discovery Learning tanpa menggunakan media dengan nilai sig 0.000 < 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...