An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 4: Juli 2023

STRATEGI PENGAJARAN BAHASA ARAB JARAK JAUH ( STUDI KASUS PADA LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB UNTUK DEWASA MELALUI INTERNET)

Ummu Salama Purap (Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia)
Ammar Zainuddin (Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman strategi yang digunakan pengajar seerta apa faktor penghambat ketika melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan pendekatan analisis isi Mils & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan pengajar ketika jarak jauh adalah memanfaatkan teknologi dan media sosial yang ada secara maksimal dan komunikasi dua arah. Serta faktor penghambatnya adalah jaringan yang kurang stabil. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan peneliti terkait penelitian ini, maka dapat disimpulkan ada dua strategi yang digunakan pengajar ketika proses belajar mengajar yaitu memanfaatkan teknologi atau media sosial yang ada secara maksimal serta komunikasi dua aarah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan yang kurang stabil

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...