kepercayaan diri anak diri anak melalui kegiatan bermain yang aktif seperti bermain peran dan kreta(bermain peran dan kreta) di Paud Harapan Bunda. Metode penelitian digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas. Faliditas data penelitian ini di konfirmasi melalui triangulasi sumber dan triangulasi tekknik. Teknik anlisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) proses pembelajaran yang efektif dalam membentuk kepercayaan diri anak melalui kegiatan bermai aktif (bermain peran dan kereta) dapat dilakukan melalui beberapa tahapan sikap penerimaan, responn, penghargaan dan tanggung jawab. Kegiatan bermain aktif yaitu bermain konstruktif, bermain bebas atau spontan, bermain drama yang dilakukan di sentra main peran dan sentra balok dilakukan dengan memperhatikan empat aspek penting yaitu aspek lingkungan, persiapan sebelum bermain, pelaksanaan saat bermain dan refleksi setelah bermain. 2) Peran guru dalam menanamkan kepercayaan diri anak melalui kegiatan bermain aktif mencakup berbagai peran, termasuk sebagai perencana, pengamat, model, fasilitator, penjelas dan evaluator, mediator, penyemangat, dan penggerak. Diantara peran-peran tersebut, Peran guru sebagai model atau contoh yang baik menjadi sangat dalam membentuk kepercayaan diri anak
Copyrights © 2023