Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media permainan Tebak Gambar Berantai dalam pembelajaran maharah kalam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-Group Pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih secara purposive dan terdiri dari siswa kelas sebelas IPA 1 di Pacet-Mojokerto. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor 67,85, kemudian dilakukan perlakuan dengan metode permainan Tebak Gambar Berantai selama tiga kali pertemuan. Hasil post-test menunjukkan rata-rata skor 90,59. Berdasarkan analisis, media permainan Tebak Gambar Berantai terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Analisis statistik menunjukkan bahwa data tersebut normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa media permainan ini efektif dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,004, sehingga Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
Copyrights © 2023