Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah dengan metode membaca menulis pemula (MMP). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai keefektifitas pembelajaran bahasa arab dengan metode membaca menulis pemula untuk meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Amanatul Qur’an. sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji T satu sampel. Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung > t tabel, dimana maharoh qiro’ah sebesar t hitung = 1,9085 > t tabel = 1,721. Sedangkan hasil uji T maharoh khitabah sebesar t hitung = 2,0224 > t tabel = 1,721. Dengan ini disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung ≥ t tabelnya, maka hipotesis dapat diterima yang berarti pembelajaran bahasa Arab dengan metode membaca menulis pemula efektif dalam meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah di Madrasa tsanawiyah Amanatul Qur’an.
Copyrights © 2023