An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 5: September 2023

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE MEMBACA MENULIS PEMULA (MMP) DALAM MENINGKATKAN MAHAROH QIRO’AH DAN MAHAROH KHITABAH DI MTS AMANATUL QUR’AN PACET MOJOKERTO

Fitri Wulandari (Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Universitas KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah dengan metode membaca menulis pemula (MMP). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai keefektifitas pembelajaran bahasa arab dengan metode membaca menulis pemula untuk meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Amanatul Qur’an. sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji T satu sampel. Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung > t tabel, dimana maharoh qiro’ah sebesar t hitung = 1,9085 > t tabel = 1,721. Sedangkan hasil uji T maharoh khitabah sebesar t hitung = 2,0224 > t tabel = 1,721. Dengan ini disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung ≥ t tabelnya, maka hipotesis dapat diterima yang berarti pembelajaran bahasa Arab dengan metode membaca menulis pemula efektif dalam meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah di Madrasa tsanawiyah Amanatul Qur’an.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...