Peran orang tua dan guru dalam membina ketaatn ibadah sholat peserta didik di SMPN 9 Metro, tentu perlu diketahui bahwasanya peran merupakan sebuah pembelajarn yang dilakuakn oleh orang tua dan guru terhadap murid dan anakanya, supaya anak tersebut mau menunaikan ibadah sholat, selain itu juga banyak siswa yang memiliki itikat yang baik tidak hanya meluakan ibadh sholat namun juga melakanakan kewajibanya sebagai pelajar yakni menuntut ilmu kemudian membantu antar sesama, membantu orang tua dan tentuny selalu menjalakan printah yang diinginkan oleh guru dan juga orang tua. Kemudian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Responden penelitian meliputi orang tua Peserta didik dan guru PAI di sekolah tersebut, seta dokumen- dokumen tentang hal-hal yang berkaitan dengan sekolahan, kegiatan serta data-data yang dibutuhkan guna sebagai dasar penelitian. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa kerjasama antara orang tua dan guru PAI sangat penting dalam membuat lingkungan yang mendukung kebiasaan sholat yang baik pada siswa. Hal-hal seperti komunikasi yang baik, konsistensi, dan dukungan timbal balik antara kedua belah pihak berkontribusi pada peningkatan ketaatan ibadah sholat siswa.Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana peran orang tua dan guru PAI dapat memengaruhi ketaatan ibadah sholat siswa di SMPN 9 Meteo. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program dan kebijakan pendidikan agama yang lebih efektif untuk membina spiritualitas siswa di sekolah menengah.)
Copyrights © 2024