An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 3: Mei 2024

MANAJEMEN PARTISIPATIF DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM YANG UNGGUL

Wahid Asngari (Unknown)
Nur Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Manajemen Partisipatif dalam Membangun Budaya Organisasi Pendidikan Islam yang Unggul Pendidikan Islam dihadapkan pada tuntutan untuk membangun budaya organisasi yang unggul guna menghadapi berbagai tantangan zaman. Salah satu pendekatan yang dianggap relevan adalah manajemen partisipatif, yang mengedepankan keterlibatan berbagai pihak dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen partisipatif dalam konteks pendidikan Islam dan dampaknya terhadap budaya organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian meliputi guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah di sebuah lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen partisipatif dapat meningkatkan keterlibatan stakeholder, motivasi, dan kepuasan kerja, serta membentuk budaya organisasi yang positif. Tantangan dalam penerapan manajemen partisipatif antara lain resistensi terhadap perubahan dan kurangnya pemahaman tentang konsep ini. Disarankan agar lembaga pendidikan Islam terus menerapkan prinsip-prinsip manajemen partisipatif dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada semua pihak terkait. Dengan demikian, diharapkan lembaga pendidikan Islam dapat membangun budaya organisasi yang unggul dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...