An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 3: Mei 2024

UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA KELAS V (LIMA) MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SDN NAGASARI IV

Intan Saharani Dewi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Melani Damayanti (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Muhammad Fajar Akbari (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Aini Nur Farida (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
M. Makbul (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini disebabkan karena tidak kondusifitasnya siswa pada saat pembelajaran PAI berlangsung. Oleh sebab itu, tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk memperbaiki atau menyempurnakan praktik pengajaran yang sebelumnya dilaksanakan di kelas V SDN Nagasari IV dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbasis Teams Games Tournament (TGT). Adapun langkah-langkah dalam Penelitian Tindakan Kelas yaitu terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jawaban penelitian ini menghasilkan perkembangan dari siklus Ⅰ kepada siklus II, pada siklus 1 diperoleh persentase yang didapatkan hanya sebesar 70,59% yang termasuk kedalam kategori cukup, sementara pada siklus Ⅱ diperoleh persentase yang didapatkan sebesar 94,11% yang termasuk kedalam kategori cukup baik. Hasil dari upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran dari siklus Ⅰ ke siklus Ⅱ menunjukan peningkatan. Penelitian ini dikatakan berhasil karena siswa telah tidak mengerjakan kegiatan lain yang menganggu situasi kelas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...