Penelitian ini disebabkan karena tidak kondusifitasnya siswa pada saat pembelajaran PAI berlangsung. Oleh sebab itu, tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk memperbaiki atau menyempurnakan praktik pengajaran yang sebelumnya dilaksanakan di kelas V SDN Nagasari IV dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbasis Teams Games Tournament (TGT). Adapun langkah-langkah dalam Penelitian Tindakan Kelas yaitu terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jawaban penelitian ini menghasilkan perkembangan dari siklus Ⅰ kepada siklus II, pada siklus 1 diperoleh persentase yang didapatkan hanya sebesar 70,59% yang termasuk kedalam kategori cukup, sementara pada siklus Ⅱ diperoleh persentase yang didapatkan sebesar 94,11% yang termasuk kedalam kategori cukup baik. Hasil dari upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran dari siklus Ⅰ ke siklus Ⅱ menunjukan peningkatan. Penelitian ini dikatakan berhasil karena siswa telah tidak mengerjakan kegiatan lain yang menganggu situasi kelas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024