An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 2 No. 5: September 2023

Strategi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Islami Siswa

Ami Latifah (Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi manajemen pendidikan Islam berbasis kearifan lokal dalam membangun karakter Islami siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, siswa, dan orang tua, serta observasi langsung terhadap aktivitas pembelajaran dan kegiatan kesiswaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen yang mengintegrasikan kearifan lokal, seperti nilai-nilai gotong royong, kebersamaan, dan penghormatan terhadap budaya setempat, efektif dalam memperkuat karakter Islami siswa. Implementasi kurikulum yang mengadopsi kearifan lokal, partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan pendidikan, serta peran guru sebagai model teladan, terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai Islami. Selain itu, dukungan dari keluarga dan komunitas juga memainkan peran penting dalam keberhasilan strategi ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengintegrasian kearifan lokal dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin dapat secara signifikan berkontribusi pada pembentukan karakter Islami siswa yang kokoh dan berbudi pekerti luhur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...