An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 2: Maret 2024

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PROJECT-BASED LEARNING DI SMA ISLAM AL-AZHAR

Iwan Setiawan (Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Project-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Al-Azhar, serta untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan dampaknya terhadap pemahaman dan pembentukan karakter Islami pada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL di SMA Islam Al-Azhar dilakukan dengan langkah-langkah yang sesuai dengan prinsip PBL, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dengan guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing mereka. Namun, beberapa tantangan diidentifikasi, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya fasilitas teknologi, dan kesulitan dalam mengintegrasikan konten agama ke dalam proyek yang relevan. Meskipun demikian, PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI dan dalam pembentukan karakter Islami, seperti kolaborasi, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Penelitian ini menyarankan peningkatan dukungan fasilitas teknologi, penyesuaian kurikulum, dan pelatihan tambahan bagi guru untuk mengoptimalkan penerapan PBL dalam pembelajaran PAI. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa metode PBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam pendidikan agama, terutama dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...