Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak program pelatihan kepemimpinan Islami bagi kepala sekolah terhadap iklim sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen di beberapa sekolah yang telah mengikuti program pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang telah mengikuti pelatihan menunjukkan perubahan signifikan dalam praktik kepemimpinan mereka, dengan menerapkan nilai-nilai Islami seperti keadilan, amanah, dan kebijaksanaan. Perubahan ini berdampak positif pada iklim sekolah, yang terlihat dari peningkatan kerjasama antar guru, motivasi belajar siswa, dan partisipasi orang tua dalam kegiatan sekolah. Namun, implementasi kepemimpinan Islami juga menghadapi tantangan, seperti resistensi dari staf, keterbatasan sumber daya, dan perbedaan interpretasi nilai-nilai Islami. Dukungan dari komunitas sekolah sangat penting untuk keberhasilan implementasi ini. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa program pelatihan kepemimpinan Islami dapat menciptakan iklim sekolah yang lebih positif dan kondusif bagi perkembangan seluruh warga sekolah
Copyrights © 2024