An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 5: September 2024

TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU DI ERA MILENIAL

Vista Firda Sari, M.Pd.I (STEIDarul Qur’an Minak Selebah, Lampung Timur, Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2024

Abstract

Guru bukan semata berkewajiban mentransformasi keilmuan yang dimilikinya, melainkan membimbing perkembangan akhlak dan spiritualitas murid-muridnya. Guru harus mempunyai sebuah kompetensi, karena itu sebagai perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Tulisan ini bertujuan mengetahui tantangan-tantangan guru pendidikan agama Islam guna meningkatkan mutu di era milenial. Tantangan pendidikan di era milenial yang dihadapi guru pendidikan agama Islam berupa melek digital, guru sebagai pembelajar sepanjang hayat, menyuguhkan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh makna, serta guru harus menjadi teladan, lantaran adanya perubahan murid pada generasi milenial, guru harus melihat tantangan ini sebagai suatu hal positif dengan selalu melakukan inovasi dan keterampilan dalam pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Kriteria guru pendidikan agama Islam yang profesional tidak hanya diorientasikan pada materi semata, tetapi juga diarahkan pada orientasi spiritual. Guru pendidikan agama Islam tersebut diharapkan mampu menjadi penggerak kemajuan umat, terlebih dalam era milenial. Berdasarkan tantangan yang dihadapi tersebut, maka dibutuhkan adanya keprofesionalisan guru pendidikan agama Islam dalam rangka membantu untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...