Penelitian ini mengkaji peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang merupakan faktor penting dalam pencapaian prestasi akademik. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur dan triangulasi data untuk menganalisis keterlibatan orang tua dalam mendukung proses belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa keterlibatan orang tua, baik dalam bentuk dukungan akademis di rumah, partisipasi di sekolah, maupun komunikasi aktif dengan guru, berdampak signifikan pada motivasi dan prestasi belajar siswa. Dukungan emosional, selain itu, yang diberikan orang tua juga berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri dan disiplin siswa. Faktor sosial-ekonomi, tingkat pendidikan orang tua, dan nilai budaya keluarga memengaruhi intensitas dan kualitas keterlibatan tersebut. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kebijakan pendidikan yang inklusif dan kolaboratif yang melibatkan orang tua sebagai mitra dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Program-program pemerintah, seperti Merdeka Belajar, sebaiknya memperkuat dukungan terhadap orang tua, khususnya dari latar belakang sosial-ekonomi rendah guna meningkatkan kesetaraan pendidikan.
Copyrights © 2024