Pendidikan merupakan salah satu sarana penting dalam melahirkan dan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Berdasarkan hasil observasi di SDN 04 Metro Barat, guru sudah berusaha disiplin dan menggunakan berbagai cara agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, akan tetapi masih terdapat siswa yang kurang bersemangat saat proses belajar mengajar dimana hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan serta menggunakan metode yang bervariasi, salah satunya dengan menggunakanmedia pembelajaran papan nilai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran papan nilai terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design, sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa SDN 04 Metro Barat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di SDN 04 Metro Barat dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran papan nilai terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan di SDN 04 Metro Barat
Copyrights © 2024